1. STASE PUSKESMAS
    A. Jam kerja: Senin-Kamis 08.00-15.00, Jumat 08.00-11.30 WIB, Sabtu 08.00-12.45
    Pembagiannya standard jobdesk puskesmas saja, ada sebagian jaga poli di dalam ada yg kegiatan di luar tapi emang roda pergerakan puskesmas bergantung pada internship😂 Tapi kerjaan tidak berat sih, jam 12.00 kegiatan poli atau luar maksimal sudah selesai semua.
    B. Pembimbing: Pembimbing baik tp kadang ribet sendiri, untuk perizinan diperbolehkan asal tidak keterlaluan dan ada alasan yang memang beliau perbolehkan
    C. Proses perizinan: sesuai ketentuan PIDI dan dimudahkan jika ada alasan yg tepat.
    D. Skill: dokter internsip setara dokter umum dan bisa melakukan tindakan sesuai kompetensi
    E. Tambahan penghasilan: Tidak ada
    F. Dokumen yg dilengkapi peserta: borang pkm + tugas mini project 1 orang masing2 mencari 1 topik.
    G. Kelebihan: Jam kerja santai & tidak ada jaga malam
    H. Kekurangan: Sebenernya untuk puskesmasnya sendiri sih tidak ada tapi kadang pembagian jobdesk antara iship dan DU terlalu berat sebelah😂
    I. Keterangan lain: ada senam setiap Jumat jam 07.15, setiap bulan jika prolanis jam 07.00, iship mengisi prolanis dan materi bebas, ada absensi yg dibikinin sm petugas puskesmas.
    J. Dokter umum nya ada 3 termasuk Kapuskes, ada dokter gigi juga secara umum baik baik. Tenaga kesehatan lain secara umum jg baik tp bbrp karena sudah terbiasa pegang poli sendiri jd suka “lupa daratan”😂
  2. STASE IGD
    A. Jam kerja: dibagi 3 shift.
    Pagi 08.00-14.00 (2 orang internsip)
    Siang 14.00-20.00 (2 orang internsip)
    Malam 20.00-08.00 (1 orang internsip)
    B. Pembimbing: Pembimbing baik dan adil terhadap iship
    C. Proses perizinan: insyaallah dimudahkan terutama jika ada kepentingan mendadak sesuai peraturan dan tmn sekelompok kompak dan tidak keberatan. insyaAllah mudah, nyaman, sesuai ketentuan PIDI, bila ada kejadian yang luar biasa (keluarga sakit/meninggal/menikah) akan dibantu
    D. Tanggung jawab selama di IGD:
    Periksa pasien, mengusulkan apakah rawat jalan/rawat inap ke DU Definitif, menulis status IGD secara lengkap, mengusulkan diagnosis dan terapi ke DU Definitif, meminta verifikasi status IGD ke DU Definitif, membantu menulis resep.
    F. Tambahan penghasilan : selama di RS dapat tambahan jaspel 1juta/bulan
    H. Kelebihan: IGD nyaman, adem, sering makan gratis, masih dibawah pengawasan dokter umum, kasus beragam, perawat baik & membantu, Dpat kamar jaga sama DUnya, Jadwal diatur sama oleh kelompok
    I. Kekurangan: Pasien bisa membludak karena RSUD Cibinong ini tipe B dan salah satu RS rujukan regional Jawa Barat dan harus berhati-hati dalam penanganan pasien karena banyak LSM yg suka ikut campur dan mengadu ke Pemda
    J. DUnya baik baik banget dan percaya sama kita jd enak diajak diskusi dan konsul jika ada yg kurang dimengerti. Trs juga gaul, suka ngajak nongkrong hehe.
  3. STASE BANGSAL
    A. Jam kerja: Seperti di IGD tapi setiap libur hari Minggu atau libur nasional yang jaga pagi harus visite semua bangsal. Biasanya ada 2 iship ada 2 DU kebetulan bangsal di Cibinong banyak jadi lumayan juga visitenya
    B. Pembimbing: Pembimbing bundadari banget dan peduli terhadap iship
    C. Proses perizinan: seperti di IGD bahkan bisa request untuk libur bbrp hari agar dimodifikasi jadwalnya, santai dan enak deh
    D. Tanggung jawab selama di bangsal: visite bangsal, konsul dokter spesialis, nulis soap dan resep, ikut SC (terutama dengan indikasi bayi jelek/gawat), ketua tim code blue, kadang kalo diharuskan bisa ikut merujuk pasien dari bangsal
    E. Skill: Sama seperti IGD tindakan semuanya boleh dilakukan sendiri dari intubasi dewasa sampai bayi, kardioversi tp sesuai dengan alasan medis & arahan dpjp. Bbrp terapi standar boleh ditambahkan sendiri namun untuk yg lebih banyak lg harus konsul. Bisa banyak belajar kok di sini.
    F. Kelebihan: kasus beragam dan lumayan banyak, dapat tambahan jaspel ( yg 1 juta tadi), DU bangsal juga santai & baik bgt memperlakukan kita layaknya sejawat. Di bangsal tdk perlu izin atau acc DU definitif untuk tindakan, lakukan sendiri sesuai arahan dpjp
    I. Kekurangan: jadwal diatur pembimbing tapi kami rasa tdk masalah jadwal diatur beliau, sejauh ini tempat, teman, dan susasana kerjanya asyik kok dan seperti yg dijelaskan di atas bisa request juga jika ingin off bbrp hari




Lingkungan RS atau Puskesmas di tengah tengah perkotaan jadi akses kemana-mana mudah & cepat. Tidak ada rumah dinas yg disediakan jd harus cari kos-kosan sendiri tp mudah karena RS jg nerima koas jd banyak opsi kosan tersedia. Range harga kosan mahal 1.2juta s/d 2juta.





KESIMPULAN:
Secara umum sangat direkomendasikan (skor 8/10) terutama untuk yg mau ilmu berimbang dan dekat dgn ibukota, untuk yg cari penghasilan paling hanya jaspel tadi saja namun kalau mau cari kerjaan di luar juga memungkinkan karena jadwal santai dan bisa diatur.





NB: Sewaktu-waktu jadwal dan hal2 lain dpt berubah tergantung pendamping dan kebijakan wahana